Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT WEDANG UWUH KHAS YOGYAKARTA

Kamis, 17 Oktober 2013 0 komentar

Wedang uwuh merupakan salah satu minuman hangat khas masyarakat Indonesia dengan menggunakan bahan-bahan yang berupa dedaunan. Jika diartikan dalam bahas Indonesia wedang artinya minuman, dan uwuh artinya sampah. Dengan rasa manis serta sedkit pedas dari beberapa rempahnya serta aromanya harum sehingga membuat wedang uwuh ini menjadi minuman yang digemari masyarakat Yogyakarta.
Pada mulanya minuman hangat ini masih berupa rempah asli ketika disedu dan disajikan, namun pada zaman sekarang ini wedang uwuh sudah dibuat menjadi praktis dalam bentuk instan.
Adapun bahan serta bagaimana cara mengolah minuman hangat nan menyehatkan ini antara lain sebagai berikut.
Bahan :
  1. 500 ml air bersih.
  2. 50 gram gula pasir.
  3. 50 gram kayu secang (serut).
  4. 2 lembar daun kayu manis (kering).
  5. 2 lembar daun cengkeh (kering).
  6. 2 lembar daun pala (kering).
  7. 1 ruas jahe kira-kira 6 cm (bakar dan memarkan).
  8. 12 butir cengkeh kering.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula rebus 50 ml air dalam sebuah panci bersama dengan gula pasir, serutan kayu secang, daun kayu manis, daun cengkeh, daun pala, jahe, serta cengkeh. Rebus kesemua bahan tersebut hingga mendidih kurang lebih selama 15-20 menit.
  • Selanjutnya setelah rebusan tadi mendidih, angkat lalu saring rebusan air tersebut dengan menggunakan saringan teh agar sisa dari bahan rempah tadi tidak ikut masuk kedalam cangkir.
  • Terakhir sajikan wedang uwuh selagi hangat.
Selamat mencoba resep dan cara membuat wedang uwuh nikmat khas Yogyakarta ini, semoga resep ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar