Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE SUS MANIS DAN LEMBUT

Kamis, 03 Oktober 2013 0 komentar

Kue soes atau oarang Indonesia menyebutnya dengan nama kue sus merupakan sejenis kue basah yang memiliki bentuk agak bundar dan dialamnya diisi dengan adonan fla (vla). Kue sus yang memilili isian fla biasanya dihidangkan dalam keadaaan dingin yang disimpan terlebih dahulu dalam lemari es. Vla tersebut mempunyai bahan pokok berupa susu dan jika susu tersebut terlalu lama dalam cuaca yang kurang pas maka akan menjadi cepat basi.
Adonan kue sus sendiri sangat berbeda dengan adonan cake atau kue bolu pada umumnya, kue sus ini adonannya dibuat dengan mencampurkan air yang telah dimasak dengan margarin sampai mendidih kemudian diaduk bersama dengan tepung terigu beserta bahan-bahan lainnya.
Dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap tentang apa resep serta bagaimana cara membuat kue manis nan lembut ini.

Bahan :
  1. 150 gram tepung terigu (kwalitas baik).
  2. 250 ml air bersih.
  3. 125 gram mentega atau margarine.
  4. 1/4 sdt baking powder.
  5. 5 butir telur ayam.
  6. 1/2 sdm garam halus.
Bahan Vla atau isian kue sus :
  1. 250 ml susu cair (utamakan susu cair dengan rasa tawar).
  2. 60 gram gula pasir (kwalitas baik).
  3. 2 sdm tepung terigu.
  4. 4 sdm tepung maizena.
  5. 1/2 sdt garam halus.
  6. 1 sdm mentega atau margarine.
  7. 2 butir telur ayam (ambil kuningnya saja).
  8. 1/2 sdt vanili bubuk.
  9. 2 sdt rum.
Cara membuatnya :
  • untuk membuat isian kue sus atau Vla : Pertama, masak hingga mendidih susu cair bersama dengan gulap pasir, tepung terigu, tepung maizena, serta garam halus sambil diaduk, masak kesemua bahan tersebut hingga mengental kemudian angkat.
  • Selanjutnya, masukkan kedalam larutan tadi mentega, kuning telur, vanilli serta rum lalu aduk kesemua bahan tersebut hingga tercampur rata lalu dinginkan.
  • Untuk membuat adoanan kue sus : Mula-mula masak air bersama dengan mentaga dan garam hingga mendidih. Setelah larutan mentega mendidih, tambahkan tepung terigu kedalamnya secara perlahan sambil adonan diaduk sampai semua bahan tercampur rata serta kalis dan tidak lengket, lalu angkat adonan.
  • Selanjutnya tambahkan baking powder dan pecahkan telur satu per satu kedalam adonan tadi kemudian aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  • Setelah adonan sudah selesai, siapkan bungkus plastik berbentuk segitiga kemudian masukkan adonan tadi kedalamnya dan lubangi bagian ujung plastik tersebut. lalu selanjutnya siapkan cetakan kue sus kemudian semprotkan adonan tadi kedalam cetakannya yang teah diolesi dengan sedikit mentega. Lakukan hingga semua adonan habis.
  • Kemudian panggang adonan kue susu tadi hingga mengembang dan maatang dengan warna kuning sedikit kecoklatan, kemudian setelah semua adonan matang lalu angkat dan tiriskan.
  • Tahap selanjutnya, iris semua bagian tengah kue sus kemudian beri isian dengan Vla yang telah dibuat tadi.
  • Terakhir, sajikan kue sus dalam keadaan dingin diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara membuat kue sus manis dan lembut ini, semoga dapat bermanfat bagi ibu-ibu dirumah dalam menghidangkan sajian lezat dirumahnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar