Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KANJI RUMBI ENAK DAN LEZAT KHAS ACEH

Rabu, 23 Oktober 2013 0 komentar

Makanan "kanji rumbi" merupakan suatu makanan menyerupai nasi bubur dengan rasa yang unik khas Aceh, Indonesia. Kanji rumbi ini menyerupai bubur ayam pada umumnya yang sering dijajakan para penjual bubur ayam, hanya saja makanan agak sedikit berbeda dalam bahan yang digunakan dimasak dengan berbahan seperti penggunaan bumbu rempah dan juga menggunakan udang-udang kecil serta beberapa potongan daging sapi. Untuk bahan tambahan lainnya berupa sayur-sayuran seperti potongan wortel dan kentang yang dimasak ketika hendak merebus beras menjadi buburnya. Kanji rumbi biasanya sering disajikan di Masjid-masjid pada saat bulan Ramadhan sebagai menu untuk berbuka puasa.
Pada artikel kali ini akan dibahas tentang resep serta bagaimana proses dalam membuat bubur khas Aceh yang enak ini.
 
Bahan utama :
  1. 1/2 kg beras (cuci bersih).
  2. 300 gram udang kecil.
  3. 300 gram daging sapi (potong dadu kecil).
  4. 1 buah wortel (iris tipis).
  5. 2 buah kentang besar (potong dadu).
  6. 1 ltr air bersih.
Bumbu :
  1. 2 siung bawang putih (cacah halus).
  2. 3 sdm margarine (untuk menumis).
  3. 1/2 sdm merica bubuk.
  4. 1 sdt garam halus.
Bumbu-bumbu halus lalu bungkus menggunakan kain serbet :
  1. 5 butir cengkeh.
  2. 5 butir kapulaga.
  3. 1 batang kayu manis.
  4. 1 sdm ketumbar (cacah kasar).
  5. 1 sdt merica butiran.
  6. 1/2 sdt jinten manis.
  7. 1 butir pala (geprek dan memarkan).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula siapkan panci ukuran sedang kemudian rebus udang, daging sapi dan 1/2 bagian bawang putih yang dicacah halus dengan menggunakan 1 liter air bersih tadi. Rebus daging sapi sampai benar-benar empuk dan matang lalu angkat dan tiriskan. Setelah matang kita sisihkan air kaldu sapinya dari potongan daging dan udang.
  • Selanjutnya, masak beras menggunakan air dari kaldu ayam dan udang tadi, lalu masukkan juga potongan wortel, kentang, serta bumbu-bumbu rempah yang dibungkus dengan menggunakan serbet tadi. Masak sampai beras tersebut menjadi bubur, lalu angkat. Jika air dirasa masih kurang, bisa ditambahkan air matang biasa sebagai tambahannya.
  • Setelah itu, siapkan wajandan hangatkan margarine. Tumis sisa dari bawang putih yang digunakan hingga wangi, lalu masukkan juga potongan daging sapi dan udang rebus sambil diaduk rata hingga harum.
  • Kemudian masukkan tumisan bawang dan daging tadi ke dalam bubur. Jangan lupa pula beri merica bubuk dan garam halus secukupnya sesuai selera.
  • Terakhir, sajikan bubur khas Aceh ini diatas piring saji selagi hangat. Bisa ditambahkan taburan bawang goreng serta kerupuk sbagai pelengkapnya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat kanji rumbi enak dan lezat khas Aceh ini. Semoga resep bubur kali ini dapat memberikan manfaat bagi ibu-ibu dirumah dalam mengolah beras menjadi suatu hidangan yang lezat. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar