Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT PINDANG SERANI ENAK KHAS JEPARA

Selasa, 08 Oktober 2013 0 komentar

Masakan yang akan kita bahas dalam artikel kali ini yaitu "Pindang Serani". Pindang Serani merupakan masakan yang diolah dari bahan dasar berupa ikan laut dan masakan ini juga merupakan masakan khas dari daerah Jepara, Jawa Tengah. pindang serani memiliki campuran rasa antara rasa asam, pedas serta manis yang hampir serupa dengan pindang ikan pada umumnya.
Masakan ini diolah dari bahan dasar berupak ikan bandeng. Untuk proses membuat olahan ikan bandeng yang lezat ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit, adapun proses pengolahannya sebagai berikut.

Bahan-bahan :
  1. 1 kg ikan bandeng (untuk 1 ekor ikan).
  2. 3 sdm minyak goreng.
  3. 4 buah cabai merah keriting (ptong menjadi 2 bagian).
  4. 15 buah cabai rawit merah.
  5. 7 siung bawang merah (bakar kemudian geprek dan memarkan).
  6. 2 siung bawang putih (bakar kemudian geprek dan memarkan).
  7. 1 ruas lengkuas kira-kira 1 cm (bakar kemudian geprek dan memarkan).
  8. 1 ruas kunyit kira-kira 1 cm (bakar kemudian geprek dan memarkan).
  9. 1 batang serai (geprek dan memarkan).
  10. 1 buah jeruk nipis.
  11. 2 lbr daun salam.
  12. 1/2 sdm asam jawa.
  13. 1/2 sdm gula pasir.
  14. 1/2 sdm garam (sebagai bumbu).
  15. 1/2 sdm garam (untuk lumuran ikan bandeng).
  16. 1/2 liter air.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula siangi dan bersihkan ikan bandeng lalu potong menjadi 3 bagian atau beberapa bagian sesuai selera. Selanjutnya taburi ikan bandeng dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan rasa amis ikan.
  • Setelah itu, hangatkan minyak goreng kemudian tumis bahan-bahan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serta daun salam. Tumis bahan-bahan tersebut hingga harum. Setelah tumisan berbau harum, tuangkan 1/2 liter air kedalamnya lalu masak kembali hingga mendidih.
  • Kemudian masukkan pula kedalam tumisan bumbu tadi asam jawa, gula pasir, garam, serta potongan ikan tadi lalu masak kembali hingga daging ikan menjadi empuk dan bumbu-bumbu meresap kedalam ikan.
  • Terakhir, angkat dan sajikan pindang serani diatas mangkuk saji.
Masakan ini sangat nikmat disantap bersama dengan nasi putih hangat serta lalapan lainnya. Selamat mencoba resep dan cara membuat pindang serani enak khas Jepara ini, semoga dapat memberikan manfaat serta berbagi ilmu untuk ibu-ibu dirumah. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar