Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT PAPEDA KUAH KUNING KHAS PAPUA

Selasa, 22 Oktober 2013 0 komentar

Masyarakat Papua menyebut bubur sagu dengan nama Papeda. Papeda sendiri merupakan makanan khas warga Papua. makanan ini juga terbuat dari tepung sagu yang diberi sedikit air kemudian ditambahkan garam serta gula secukupnya sehingga jadilah makanan ini sebagai makanan pokok pengganti nasi. Awal mulanya Papeda ini dibuat oleh penduduk pedalaman yang ada di Papua.
Papeda umumnya dihidangkan dengan kuah kuning, dimana kuah tersebut diolah dari ikan tongkol kemudian dibumbui kunyit dan jeruk nipis.
Adapun proses membuat makanan khas Papua ini antara lain sebagai berikut.
 
Bahan-bahan :
  1. 150 gram tepung sagu.
  2. 1300 mililiter air bersih.
  3. 1 sdt garam halus.
  4. 1/2 sdt gula pasir.
Bahan pelengkap :
  1. ikan tongkol kuah kuning yang dimasak dengan menggunakan bumbu kunyit.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula larutkan tepung sagu dengan menggunakan 300 ml air, lalu tambahkan pula garam halus dan gula pasir kedalamnya.
  • Selanjutnya masak sisa air yang digunakan tadi hingga mendidih. Kemudian setelah air mendidih, kecilkan api kompor dan tuangkan adonan sagu tadi kedalam air mendidih sambil diaduk secara perlahan hingga adonan sagu berubah warna menjadi bening, menggumpal dan matang.
  • Terakhir, jika papeda sudah matang, sajikan papeda bersama dengan ikan tongkol kuah kuning.
Selamat mencoba resep dan cara membuat papeda kuah kuning lezat khas Papua ini, semoga resep kali dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi ibu-ibu dirumah dalam menyajikan olahan dari sagu yang enak untuk keluarga tercinta. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar