Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE YANGKO MANIS DAN LEZAT KHAS YOGYAKARTA

Senin, 21 Oktober 2013 0 komentar
 
Yangko merupakan kue atau sejenis makanan ringan khas daerah Yogyakarta. Kue yangko ini dibuat dari tepung ketan sebagai bahan utamanya. Bentuk dari kue yangko sendiri biasanya berbentuk kotak persegi serta sedikit kenyal, dan memiliki rasa yang manis. Kue yangko ini juga mulanya memiliki rasa dan isian berupa kacang yang dicincang dan gula. namun pada zaman sekarang ini, kue yangko mempunyai variasi rasa buah-buahan lainnya seperti anggur, melon, strawberry, nanas, durian, serta banyak lagi variasi rasa yang dapat diberikan.
Adapun resep serta bagaimana langkah dalam membuat kue manis ini sebagai berikut.

Bahan-bahan :
  1. 1/2 kg Tepung ketan.
  2. air matang (secukupnya).
  3. 100 gram tepung maizena (untuk taburan).
  4. 2 sdm mentega atau margarine.
  5. 250 ml santan kelapa.
  6. Garam halus secukupnya
  7. Bahan untuk isian :
  8. Selai strawberry (secukupnya).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula aduk tepung ketan bersama dengan air matang kemudian aduk hingga merata, setelah itu saring adonan tersebut menggunakan serbet atau kain bersih.
  • Selanjutnya lelehkan mentega yang sudah disiapkan lalu aduk rata sambil masukkan adonan tepung ketan tadi, santan kelapa dan garam halus, kemudian aduk-aduk kembali sampai adonana benar-benar rata.
  • Tahap selanjutnya, siapkan loyang yang telah dilapisi dengan plastik bening, kemudian masukkan adonan tadi ke dalam loyang.
  • Kukus adonan tersebut kurang lebih selama 45-50 menit sampai adonan tadi benar-benar matang. Setelah kue yangko matang lalu angkat dan dinginkan.
  • Jika kue yangko telah dingin, belah kue menjadi dua bagian. Kemudian lapisi bagian atas salah satu potongan kue tadi dengan menggunakan selai strawberry lalu timpakan satu bagian kue tadi diatasnya.
  • Terakhir, potonglah kue yangko berbentuk kotak persegi atau sesuai selera anda, selanjutnya beri taburan juga diatas Kue menggunakan tepung maizena.
Selamat mencoba resep dan cara membuat kue yangko manis dan lezat khas Yogyakarta ini, semoga resep kue ini dapat bermanfaat untuk ibu-ibu dirumah dalam menyajikan kue-kue lezat kepada keluarga tercinta. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar