Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT TEH TALUA HANGAT DAN MENYEHATKAN KHAS SUMATERA BARAT

Kamis, 19 September 2013 0 komentar

Teh telur atau masyarakat Sumatera Barat menyebutnya Teh Talua merupakan minuman hangat khas Sumatera Barat dan juga merupakan salah satu hidangan wajib yang disajikan di warung-warung nasi tradisional padang maupun restoran Padang. Teh talua ini mempunyai bahan pokok seperti teh, gula pasir serta telur dan kemudian ditambah dengan perasan jeruk nipis. Telur yang dipakai dalam membuat teh talua ini yaitu telur ayam kampung, dan teh ini juga berkhasiat sebagai penambah stamina ketika hendak bekerja.
Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang apa resep serta bagaimana cara membuat teh yang menyehatkan ini.

Bahan-bahan :
  1. 1 butir telur ayam kampung (ambil bagian kuning telurnya saja).
  2. Air panas (secukupnya).
  3. Teh bubuk.
  4. Gula pasir Secukupnya.
  5. Jeruk nipis (belah menjadi 2 bagian).
  6. Madu secukupnya (jika suka).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula tuangkan kuning telur kedalam sebuah gelas kemudian tambahkan pula gula pasir secukupnya.
  • Selanjutnya, aduk atau dikocok dengan menggunakan sendok hingga gula dan telur tercampur rata den mengental. Setelah telur dan gula mengental, diamkan sejenak.
  • Setelah itu siapkan saringan teh, dan tuangkan teh bubuk kedalam saringan teh. Taruh saringan yang berisi teh tadi keatas gelas yang ada kocokan telur tadi.
  • Kemudian tuangkan air panas diatas saringan yang berisi teh bubuk tadi hingga air dalam gelas nanti membentuk buih-buih. Tuangkan air panas secukupnya agar air tidak meluber keluar gelas.
  • Terakhir beri teh talua perasan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis pada telurnya dan sajikan.
Selamat mencoba resep dan cara membuat teh talua hangat dan menyehatkan khas Sumatera Barat ini, semoga resep ini dapat memberikan manfaat yang lebih bagi kita semua. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar