Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE GEMBLONG MANIS DAN LEZAT KHAS INDONESIA

Selasa, 24 September 2013 0 komentar

Gemblong merupakan salah satu dari sekian macam ragam panganan tradisional khas Indonesia, dimana gemblong ini mempunyai bahan utama yaitu tepung ketan yang diaduk bersama kelapa parut yang kemudian dilapisis gula merah. Gemblong ini termasuk panganan ringan atau jajanan yang memiliki harga relatif terjangkau, namun panganan yang lezat ini sudah untuk dapat kita jumpai dipasar-pasar.
Adapun dalam artikel kali ini akan dijelaskan tentang resep serta bagaimana cara membuat kue tradisional ini.

Bahan :
  1. 250 gram tepung ketan (kwalitas baik).
  2. 2 sdm tepung sagu.
  3. 150 gram kelapa parut.
  4. 150 ml santan cair (didihkan).
  5. 1 sdm air kapur sirih.
  6. 1/2 sdm garam halus.
  7. Minyak goreng (untuk menggoreng).
Bahan larutan gula :
  1. 175 gram gula jawa atau gula merah.
  2. 100 gram gula pasir.
  3. 75 ml air matang.
Cara membuatnya :
  1. Pertama, campur dan aduk rata semua bahan seperti tepung ketan, tepung sagu, kelapa parut, air kapur sirih serta garam halus lalu sambil dituangkan santan cairsecara perlahan. Aduk bahan-bahan tersebut hingga adonan dapat diuleni.
  2. Setelah dapat diuleni, bentuk bulat semua adonan kira-kira sebesar telur ayam.
  3. Selanjutnya, panaskan minyak goreng lalu goreng semua adoanan yang telah dibentuk bulat tadi hingga benar-benar matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang lalu angkat dan sisihkan.
  4. Untuk membuat larutan gula : masak hingga mendidih bahan-bahan seperti gula jawa, gula pasi serta air matang hingga kesemua bahan larut dan kental. Selanjutnya, Kecilkan api lalu masukkan adonan kue gemblong yang telah digoreng tadi dan aduk hingga semua adonan gemblong terbalut larutan gula.
  5. Terakhir angkat dan tiriskan kue gemblong yang telah dilumuri larutan gula.
selamat mencoba resep dan cara membuat kue gemblong manis dan lezat khas Indonesia ini, semoga dapat memberikan inspirasi serta manfaat bagi kita semua dalam menyajikan hidangan yang enak dan lezat. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar