Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT BUBUR KETAN HITAM LEZAT DAN SEHAT KHAS INDONESIA

Kamis, 05 September 2013 0 komentar

Bubur ketan hitam merupakan satu dari sekian banyak jenis panganan tradisional khas Indonesia yang juga sangat digemari serta menyehatkan. bubur ketan hitam juga mempunyai banyak kandungan zat yang berguna bagi tubuh kita yaitu diantaranya serat, mineral, vitamin, serta antioksidan yang tidak lain merupakan komponen-komponen gizi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu bubur ketan hitam ini dapat menjadi menu untuk sarapan pagi ataupun hidangan penutup setelah makan besar, serta bisa juga menjadi menu sehat untuk program diet karena berfungsi juga sebagai peengganti nasi. Proses untuk membuat bubur ketan hitam cukup mudah dan simple, hanya saja dibutuhkan ketelitian dalam proses membuatnya agar dihasilkan bubur yang memiliki rasa yang enak serta menyehatkan.
Adapun langkah-langkah dalam membuat panganan sehat dan lezat ini sebagai berikut.

Bahan-bahan :
  1. 150 gram beras ketan hitam.
  2. 100 gram beras ketan putih.
  3. 250 gram gula aren (sisir halus).
  4. 1 1/2 liter air matang.
  5. Garam secukupnya..
  6. 2 lembar daun pandan (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
Bahan Untuk Saus :
  1. 200 ml santan kelapa.
  2. 1/4 sdt garam halus.
  3. 1 lembar daun pandan (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
Cara Membuat Bubur Ketan Hitam :
  • Mula-mula rendam beras ketan selama 3 jam secara terpisah, setelah direndam selama 3 jam lalu cuci bersih beras ketan hitam serta beras ketan putih dan buah airnya.
  • Selanjutnya campurkan kedua beras ketan yang telah dicuci bersih tadi, lalu tambahkan 1 1/2 liter air matang serta 2 lembar daun pandan kemudian masak Dengan menggunakan api kecil sambil sekali-sekali diaduk hingga beras ketan matang dan lunak.
  • Setelah itu, tambahkan gula aren dan garam halus lalu aduk rata hingga gula aren larut dan air dalam bubur mengering. (sebagai tambahan, jika belum terasa manis bisa ditambahkan gula passir secukupnya).
  • Setelah bubur matang lalu angkat dan tiriskan.
  • Cara membuat sausnya, rebus semua bahan untuk membuat saus dengan menggunakan api yang sedang sambil sesekali diaduk hingga mendidih, lalu angkat dan tiriskan.
  • Hidangkan bubur ketan hitam dengan saus santan.
  • Terakhir, sajikan bubur ketan hitam diatas mangkuk bersama sausnya.
Bubur ketan hitam sangat nikmat disantap ketika masih dalam keadaan hangat. Selamat mencoba resep dan cara membuat bubur ketan hitam lezat dan sehat khas Indonesia ini, semoga dapat membantu ibu-ibu dirumah untuk menyajikan hidangan lezat dan sehat dirumahnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar