Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL LADO ENAK KHAS MINANGKABAU

Jumat, 13 September 2013 0 komentar

Sambal merupakan saus yang memiliki bahan utama dari cabai hijau yang diulek kasar ataupun halus serta diberi bahan tambahan lainyan seperti garam, bawang putih atau bawang merah dan terasi. Sambal ini sendiri merupakan salah satu ciri khas untuk hidangan-hidangan yang ada di Indonesia ini. Di Indonesia banyak sekali variasi dari olahan cabai ini yang ada di berbagai daerah, khususnya sambal lado.
Samba Lado ini adalah sambal khas dari daerah Minangkabau. Olahan sambal ini biasanya menggunakan cabai hijau yang digoreng bersama dengan bawang putih atau bawang merah, tomat hijau, air perasan jeruk nipis serta sedikit garam.
Adapun langkah-langkah dalam membuat sambal yang enak ini sebagai berikut.

Bahan :
  1. 15 buah cabai hijau segar (iris-iris memanjang).
  2. 5 siung bawang putih.
  3. 5 siung bawang merah.
  4. 2 buah tomat hijau (potong kecil).
  5. air perasan jeruk nipis (secukupnya).
  6. 1 sdt garam halus.
  7. 3 sdm minyak goreng.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula kukus cabai hijau yang telah diiris-iris kecil bersama dengan bawang putih, bawang merah, serta potongan tomat kurang lebih 5 menit, kemudian angkat dan tumbuk secara kasar.
  • Setelah itu, siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng yang telah disiapkantadi kemudian tumis bahan yang telah ditumbuk tadi hingga menjadi layu.
  • Tuangkan juga air perasan jeruk nipis serta garam halus, lalu masak sambal tersebut hingga matang.
  • Terakhir, sajikan sambal lado ini sebagai hidangan pelengkap.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sambal lado enak khas Minangkabau ini, semoga resep ini dapat memberikan inspirasi bagi para ibu-ibu dirumah dalam membuatnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar