Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SUP IGA ENAK DAN LEZAT KHAS MAKASAR

Senin, 16 September 2013 0 komentar

Sup iga merupakan masakan yang dibuat dari bahan dasar iga sapi serta dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah asli Indonesia. Sup iga ini juga merupakan salah satu masakan khas dari Bugis dan Makassar. Masakan enak dan berkuah ini memiliki warna yang agak coklat kehitaman serta biasanya disantap dengan potongan ketupat. Sup iga biasanya diolah dalam bentuk sup yang banyak akan unsur rempahnya, namun saat ini sudah banyak variasi kering dari olahan iga tersebut sehingga penyebutannya tidak lagi menggunakan kata "sup" melainkan "iga bakar" saja.
Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang apa resep serta bagaimana cara mengolah masakan yang lezat dan kaya akan rempah ini.

Bahan-bahan :
  1. 1/2 kg iga sapi.
  2. 2 buah kentang (bersihkan kulitnya lalu potong kecil).
  3. 1 buah wortel (bersihkan kulitnya lalu potong kecil).
  4. 5 buah buncis segar (potong memanjang).
  5. 1 buah cabai merah besar (iris tipis).
  6. 5 siung bawang putih (cacah kasar).
  7. 2 batang daun bawang (iris halus).
  8. 2 batang daun seledri (iris halus).
  9. 1/2 sdt pala bubuk.
  10. 1/2 sdm lada bubuk.
  11. Penyedap rasa secukupnya.
  12. Garam halus secukupnya.
  13. Minyak goreng (untuk menumis).
Cara membuatnya :
  • Pertama, rebus iga hinga empuk. Selanjutnya ditempat terpisah, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng kemudian masukkan bawang putih lalu tumis hingga harum.
  • Setelah itu, tambahkan pala bubuk serta lada bubuk kedalam tumisan bawang putih tadi lalu aduk rata. Setelah dirasa tumisan cukup matang kemudian angkat dan tuangkan tumisan kedalam air rebusan iga.
  • Langngkah selanjutnya, masukkan potongan kentang, wortel, buncis, irisan cabai, daun bawang dan seledri. Tambahkan pula penyedap rasa dan garam halus secukupnya lalu aduk rata dan masak hingga matang.
  • Terakhir, sajikan sup iga diatas mangkuk saji bersama dengan nasi putih hangat dan sambalnya.
Semoga resep dan cara membuat sup iga enak dan lezat khas Makasar ini dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam mengolahnya hingga menjadi masakan yang lezat. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar