Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT ES PISANG IJO MANIS KHAS MAKASAR

Selasa, 03 September 2013 0 komentar

Pisang ijo atau masyarakat sering menyebutnya dengan nama es pisang ijo, merupakan salah satu panganan khas dari daerah Sulawesi Selatan khususnya di daerah Makassar. Es pisang ijo ini terbuat dari bahan utama yaitu pisang, yang kemudian pisang tersebut dibungkus dengan menggunakan adonan tepung yang diberi pewarna hijau. Warna hijau yang digunakan dalam adonan ini biasanya menggunakan sari dari daun pandan atau daun suji. Selanjutnya pisang yang telah dibungkus dengan adonan tadi dimasak dengan cara dikukus hingga pisang menjadi empuk dan matang.
Pada artikel kali ini akan dijelaskan apa resep serta bagaimana cara membuat masakan dingin dan segar ini.

Bahan-bahan :
  1. 200 gram tepung beras. (bagi tepung tersebut menjadi 2 bagian, 1 bagian 50 gram dan 1 bagian tepung lagi 150 gram).
  2. 300 ml air matang.
  3. 100 ml air sari daun pandan.
  4. 5 buah pisang raja (atau bisa diganti menggunakan pisang kepok).
  5. 1/2 sdt garam.
  6. Es batu yang telah diserut.
  7. Sirop merah secukupnya.
Bahan untuk kuah :
  1. 700 ml santan kelapa.
  2. 50 gram tepung terigu.
  3. 75 gram gula pasir.
  4. 1 lembar daun pandan (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
  5. Garam halus secukupnya.
Cara Membuatnya :
  1. Pertama, campurkan 50 gram tepung beras bersama dengan air matang, air sari daun pandan, serta garam. Lalu rebus sambil adonan diaduk-aduk hingga mendidih kemudian angkat.
  2. Selanjutnya, tambahkan 150 gram tepung beras kedalam adonan yang telah direbus tadi kemudian aduk kembali hingga rata dan adonan menjadi kalis dan dapat diuleni.
  3. Setelah itu kupas semua kulit pisang. Kemudian ambil adonan secukupnya lalu tipiskan adonan tersebut untuk membungkus setiap pisang hingga pisang tertutup adonan.
  4. Setelah semua pisang terbungkus adonan, Kukus pisang tersebut hingga matang kemudian angkat dan dinginkan.
  5. Untuk membuat kuahnya, Rebus semua bahan kuah hhingga mendidih sambil diaduk agar sari santan tidak pecah, kemudian angkat dan dinginkan.
  6. Terakhir, potong-potong pisang ijo yang sudah dikukus tadi kemudian tata diatas mangkuk lalu beri es serut, sirop merah beserta kuah kuah santannya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat es pisang ijo manis khas Makasar ini, semoga dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam mengolah makanan dingin dan segar ini. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar