Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT DOCANG GURIH DAN LEZAT KHAS CIREBON

Jumat, 27 September 2013 0 komentar

Docang merupakan salah satu panganan khas daerah Cirebon, dimana docang ini kombinasi antara bahan-bahan seperti lontong, tauge, daun singkong, tempe gembos, emping atau kerupuk, serta dipadukan dengan kelapa muda parut. Docang ini memiliki rasa yang gurih serta sangat lezat bila dihidangkan dalam keadaan hangat. Panganan rakyat ini sendiri juga sangat terjangkau harganya akan tetapi semakin zaman menjadi modern, banyak juga makanan-makanan kreasi yang baru sehingga panganan rakyat ini hampir terlupakan.
Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang apa saja resep dan bagaimana cara membuat panganan rakyat yang gurih dan lezat ini.

Bahan :

  1. 2 buah lontong (potong kecil sesuai selera).
  2. 1 bungkus oncom.
  3. 100 gram kelapa muda parut.
  4. 100 gram tauge (siangi kemudian rendam dalam air hangat).
  5. 200 gram daun singkong (cuci bersih kemudian rendam dalam air hangat).
  6. 2 lbr daun salam.
  7. 1 batang serai (geprek dan memarkan).
  8. 1 ruas lengkuas ukuran 2 cm (geprek dan memarkan).
  9. gula pasir secukupnya.
  10. garam secukupnya.
  11. bumbu penyedap rasa secukupnya.
  12. minyak secukupnya tuk menumis
  13. 1 liter air galon.
Bahan yang dihaluskan :
  1. 4 buah cabai merah keriting.
  2. 4 buah rawit.
  3. 7 siung bawang merah.
  4. 4 siung bawang putih.
  5. 1/2 sdm terasi bakar.
Cara membuatnya :
  • mula-mula untuk membuat kuah docang, ulek kasar bumbu yg dihaluskan bersama dengan oncom lalu aduk hingga rata. kemudian tumis oncom yang telah diulek bersama dengan bumbu halus hingga wangi serta matang.
  • Selanjutnya, tuangkan air galon kedalam tumisan tadi lalu masukkan daun salam, serai serta lengkuas. Tambahkan pula gula pasir, garam, serta penyedapa rasa kemudian masak hingga mendidih lalu tiriskan.
  • Terakhir, sajikan diatas piring saji potongan lontong bersama dengan tauge, daun singkong parutan kelapa muda kemudian tuangkan kuah docang tadi serta kerupuknya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat docang gurih dan lezat khas Cirebon ini, semoga dapat bermanfaat bagi ibu-ibu dirumah dalam membuat serta mengolahnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar