Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL BACANG ENAK DAN LEZAT KHAS SUMATERA SELATAN

Selasa, 17 September 2013 0 komentar

Bacang (Mbacang atau Macang) merupakan sejenis pohon buah yang masih satu family dengan pohon mangga. Buah bacang memiliki rasa yang agak asam dibandingkan dengan buah mangga. Kebanyakan orang Indonesia khususnya masyarakat Sumatera Selatan menggunakan buah bacang ini sebagai bahan tambahan untuk membuat sambal, dikarenakan rasa bacang yang agak asam sehingga sangat cocok dan nikmat sekali jika dipadukan dengan rasa pedas dari cabai. Sambal bacang biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap bersama dengan nasi putih dan lauk-pauknya seperti ikan goreng atau ayam goreng.
Dalam artikel kali ini akan kita bahas mengenai bagaimana cara mengolah buah bacang agar menjadi sajian yang enak dan lezat.

Bahan-bahan :
  1. 1 buah bacang yang masak.
  2. 5 buah Cabai rawit.
  3. 8 buah Cabai merah keriting.
  4. 2 siung bawang merah.
  5. 1 siung bawang putih.
  6. 1 sdm terasi bakar.
  7. Garam halus secukupnya.
Cara Membuatnya:
  • Mula-mula ulek bahan-bahan seperti cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi bakar serta garam hingga kesemua bahan halus dan tercampur rata.
  • Setelah itu, kupas buah macang lalu cacah-cacah kasar buah bacang.
  • Selanjutnya masukkan buah bacang yang telah dicacah kasar kedalam sambal yang yang telah diulek tadi, lalu aduk-aduk sambal bersama cacahan buah bacang hingga tercampur rata.
  • Terakhir, sajikan sambal bacang sebagai hidangan pelengkap.
Selamat mencoba resep dan cara membuat sambal bacang enak dan lezat khas Sumatera Selatan ini, Semoga dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam berkreasi membuat sambal yang enak untuk sajian dirumah. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar