Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KERIPIK SANJAI BALADO GURIH DAN LEZAT KHAS SUMATERA UTARA

Minggu, 22 September 2013 0 komentar

Kerupuk Sanjai atau masyarakat Sumatera Barat sering menyebutnya Keripik sanjai merupakan sejenis makanan ringan yang dibuat dari bahan dasar berupa singkong yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng setelah diberi bumbu-bumbu dan garam sebagai tambahan penyedap rasanya. Keripik sanjai ini sangatlah populer dan terkenal sebagai panganan oleh-oleh khas dari Bukitinggi, Sumatera Barat.
Keripik sanjai Memiliki beberapa rasa diantaranya : Keripik Sanjai Tawar, dimana keripik ini hanya diberi bumbu garam saja tanpa tambahan bahan-bahan lainnya. Selanjutnya ada juga keripik sanjai saka dimana keripik ini diberi garam serta olesan gula merah sebagai tambahan rasanya. Ada juga keripik sanjai balado dimana keripik sanjai ini diberi tambahan bumbu balado atau bumbu pedas.
Adapun bahan serta proses dalam membuat keripik sanjai balado ini sebagai berikut :

Bahan :

  1. 500 gram ubi singkong (kupas kulitnya lalu potong tipis-tipis).
  2. Garam (secukupnya).
  3. Minyak goreng (untuk menggoreng).
  4. Bahan sambal:
  5. 20 buah cabai merah (buang bijinya).
  6. 5 siung bawang putih.
  7. 5 sdm gula pasir.
  8. 1/2 sdm cuka makan.
Cara membuatnya :
  • mula-mula taburi potongan singkong dengan menggunakan garam kemudian diamkan lebih kurang 10 menit sampai garam benar-benar meresap kedalam potongan singkong.
  • Selanjutnya goreng potongan singkong sampai matang dan garing, lalu angkat dan tiriskan.
  • Untuk proses membuat sambalnya, pertama tumbuk halus semua bahan sambal kemudian beri cuka makan dan diaduk hingga merata.
  • Setelah itu, tumis sambal yang telah dihaluskan tadi kemudian angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya, olesi semua keripik singkong yang telah digoreng dengan sambal hingga terbalur secara merata.
  • Terakhir keripik singkong yang sudah dibaluri sambal di angin-anginkan agar sambal menjadi kering, lalu kemas keripik sanjai didalam toples.
Selamat mencoba resep dan cara membuat keripik sanjai balado gurih dan lezat khas Sumatera Barat ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu ibu-ibu dirumah dalam membuatnya. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar