Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT RENGGINANG GURIH DAN LEZAT KHAS JAWA TENGAH

Selasa, 04 Juni 2013 0 komentar

Rengginang merupakan salah satu jajanan khas daerah Yogyakarta. Rengginang yaitu salah satu jenis kerupuk yang memiliki bentuk khas yaitu masih dalam bentuk butiran beras ketan yang diolah dan dibentuk dari beras ketan kemudian dijemur dan dikeringkan dibawah sinar matahari lalu selanjutnya digoreng. Ada banyak macam kreasi dari rengginang, ada yang diberi rasa asin dan juga manis. Dan ada juga kreasi dari rengginang dengan rasa ebi ataupun terasi.

Bahan-bahan :

1. ½ kg ketan putih (Cuci dan bersihkan, rendam kira-kira selama 1 jam).
2. 1 sdm gula pasir.
3. 1 sdm garam.
4. 2 cangkir air masak.

Bahan-bahan yang dihaluskan :  

1. 4 siung bawang putih.
2. 1 sdm terasi (bakar).

Cara membuat :
  1. Pertama kukus beras ketan kurang lebih 20 menit kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya siapkan baskom kecil lalu masukkan bahan-bahan rengginang yang dihaluskan bersama gula pasir, garam dan air masak lalu aduk adonan hingga tercampur rata.
  3. Selanjutnya masukkan beras ketan yang sudah dikukus kedalam baskom yang berisi adukan bumbu tadi. Aduk bumbu secara merata lalu diamkan hingga air mengering dan bumbu meresap. Setelah itu, masak dan kukus kembali adonan hingga matang kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Kemudian ambil sejumput ketan tadi, lalu bentuk pipih sesuai selera. Selanjutnya, taruh diatas tampah semua adonan yang sudah dibentuk.
  5. Jemur rengginang dibawah terik matahari hingga kering merata disetiap sisi selama 1-2 hari agar rengginang lebih renyah setelah digoreng.
  6. Setelah kering, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng lalu goreng rengginang hingga matang, kemudian angkat lalu tiriskan.
  7. Masukkan rengginang yang sudah digoreng kedalam toples agar tetap renyah.
Rengginang khas Jogja sudah sudah siap disantap. Selamat mencoba resep dan cara membuat rengginang khas Jogja .
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar