Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT KUE PUTU YANG ENAK DAN LEZAT KHAS NUSANTARA

Jumat, 07 Juni 2013 0 komentar

Kue putu dalam bahasa Jawa : puthu yang merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia. Kue putu memiliki bahan dasar berupa tepung beras yang diberi pewarna makanan hijau, gula jawa dan parutan kelapa sebagai taburannya. Kue putu dimasak dengan menggunakan potongan bambu seperti membuat lemang, hanya saja menggunakan potongan bambu yang pendek.

Bahan-bahan :

1. 250 tepung beras.
2. 100 gr tepung terigu.
3. 20 0 gr gula aren (sisir halus).
4. ½ sdt vanilli bubuk.
5. Pewarna makanan hijau (secukupnya).
6. Air masak secukupnya.
7. 150 gr kelapa parut (ditambah sedikit garam lalu kukus).
8. Potongan kecil bambu yang berdiameter sekitar 2cm dengan panjang sekitar 10 cm.

Cara membuat : 
  1. Pertama siapkan baskom kecil kemudian masukkan tepung beras, tepung terigu, vanilli bubuk dan pewarna makanan hijau secukupnya lalu aduk hingga tercampur merata. Percik-percikkan air kedalam adonan agar tepung sedikit lembab.
  2. Selanjutnya siapkan potongan bambu, masukkan adonan sampai setengah bagian kedalam bambu kemudian masukkan sedikit gula aren kira-kira 1sdt, setelah itu tutup dan isi kembali dengan adonan tepung, lalu cetak semua adonan.
  3. Terakhir, kukus semua adonan dalam cetakan kedalam panci pengukus dan beri serbet pada penutup panci agar air tidak mnetes kedalam cetakan adonan, lalu kukus hingga matang. Setelah matang angkat dan keluarkan kue putu dari cetakan lalu sajikan kue putu.
Beri kue putu taburan parutan kelapa yang sudah dikukus. Kue putu sudah siap untuk disantap. Selamat mencoba resep dan cara membuat kue putu enak dan lezat khas Nusantara.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar