Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI UDUK ENAK DAN KOMPLIT KHAS BETAWI

Minggu, 09 Juni 2013 0 komentar

Makanan yang sangat terkenal di Indonesia salah satunya adalah nasi uduk. Nasi uduk merupakan panganan yang terbuat dari nasi putih yang kemudian dikukus dengan santan dan diberi bumbu rempah-rempah berupa jahe, kayu manis, biji pala, daun serai serta merica dan tambahan bumbu-bumbu lainnya. Sebagai pelengkap nasi uduk biasanya diberi tempe oseng, irisan timun, bawang goreng, sambal, irisan telur dadar atau telur rebus, bisa juga ditambahkan suwiran dari daging ayam goreng. Nasi uduk juga biasanya disantap pada pagi hari sebagai sarapan pagi. Cara membuat nasi uduk tidak begitu sulit.
 

Bahan-bahan :

1. ½ kg beras.
2. ½ liter santan kelapa.
3. 1 bh pala (geprak dan memarkan).
4. 8 biji cengkeh.
5. 5 cm kayu manis.
6. 1 ruas lengkuas kira-kira 5 cm (geprak dan memarkan).
7. 2 btg serai (geprak dan memarkan).
8. 1 ruas jahe (geprak dan memarkan).
9. 1 sdt garam.

Bahan-bahan pelengkap :

1. Tempe oseng.
2. Sambal tumis.
3. Telur dadar (iris tipis).
4. Suwiran daging ayam goreng.
5. Bawang goreng.
6. Kerupuk atau emping goreng.

Cara membuat nasi uduk :
  1. Mula-mula cuci bersih beras kemudian kukus beras hingga setengah matang, kemudian angkat.
  2. Selanjutnya siapkan panci lalu masak santan hingga mendidih, tambahkan pula pala, cengkeh, kayu manis, lengkuas, serai, jahe dan garam. Setelah santan mendidih, masukkan nasi yang setengah matang tadi kedalam santan yang telah diberi bumbu tadi kemudian aduk merata dan diamkan hingga bumbu meresap dan santan mengering (Kecilkan api ketika santan hampir mengering). Selanjutnya angkat dan tiriskan nasi uduk yang telah masak.
  3. Terakhir, sajikan nasi uduk diatas piring saji lalu beri tempe oseng, telur dadar dan suwiran daging ayam. Taburi pula nasi uduk dengan bawang goreng serta kerupuk atau emping dan sambalnya.

Nasi uduk khas Betawi sudah siap untuk disantap. Selamat mencoba resep dan cara membuat Nasi uduk enak dan komplit khas Betawi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar