Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT REMPEYEK/PEYEK KACANG TANAH GURIH KHAS YOGYAKARTA

Kamis, 20 Juni 2013 0 komentar

Rempeyek atau yang sering disebut peyek merupakan salah satu jenis panganan khas Indonesia yang berasal dari Yogyakarta. Rempeyek atau peyek mempunyai bahan dasar utama berupa tepung terigu, air, dan bumbu-bumbu lainnya yang diaduk dalam satu adonan yang kemudian diberi kacang tanah goreng, ikan teri, atau udang kecil. Rempeyek atau peyek ini sendiri dihidangkan sebagai makanan tambahan pengganti kerupuk atau emping goreng. Disini akan dibahas mengenai resep dan cara membuat rempeyek kacang tanah gurih khas Jogja.

Bahan-bahan :

1. 350 gr tepung terigu/tepung beras.
2. 250 gr kacang tanah.
3. 300 ml santan kelapa.
4. Air matang secukupnya.
5. Minyak goreng.

Bahan-bahan yang dihaluskan :


1. 1 btr telur ayam.
2. 4 siung bawang putih.
3. 3 cm kencur.
4. 3 btr kemiri (sangrai).
5. 2 sdt air kapur sirih.
6. 1 sdm ketumbar.
7. 1 sdm air kapur sirih.
8. 1 sdt garam.

Cara membuat
:
  1. Mula-mula blender sampai halus semua bumbu-bumbu yang dihaluskan.
  2. Kemudian ambil wadah lalu masukkan tepung terigu, santan kelapa, kacang tanah, dan air matang secukupnya, lalu aduk secara  merata. Selanjutnya, masukkan bumbu yang sudah dibleder tadi lalu duk kembali sampai merata.
  3. Setelah itu siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Ambil adonan tepung tadi menggunakan centong nasi lalu masukkan adonan rempeyek dari pinggir wajan agar adonan rempeyek menjadi tipis. Lakukan untuk semua adonan hingga adonan rempeyek habis.
  4. Setelah matang angkat dan tiriskan rempeyek. Agar Rempeyek tetap terasa gurih, masukkan rempeyek/peyek kedalam toples.
Selamat mencoba resep dan cara membuat rempeyek/peyek kacang tanah gurih khas Jogja.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar