Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT LUMPIA GORENG ENAK DAN GURIH KHAS SEMARANG

Sabtu, 01 Juni 2013 0 komentar

Lumpia merupakan jajanan tradisonal khas Tionghoa. Lumpia adalah lembaran-lembaran tipis yang terbuat dari tepung gandum yang dibentuk tipis-tipis dan diperuntukkan sebagai bungkus dari isian-isian yang terdiri dari telur, irisan sayur-sayuran, daging cincang, atau potongan-potongan daging ikan. Di Indonesia lumpia menjadi panganan khas khususnya di daerah semarang, dengan cara membuat beserta bahan-bahan yang sudah disesuaikan dengan daerah tersebut. Disini akan dijelaskan bagaimana cara membuat lumpia goreng enak dan gurih khas semarang.

Bahan-bahan :

1. 20 lbr kulit lumpia (bisa didapat di supermarket).
2. 1 butir telur (kocok lepas, sebagai perekat).
3. Minyak goreng.

Bahan-bahan untuk :

1. 100 gr daging ayam (cincang kasar).
2. 100 gr udang (cincang kasar).
3. 100 gr ebi (sangrai).
4. 2 btr telur (kocok lepas).
5. 3 siung bawang putih (iris tipis).
6. 4 siung bawang merah(iris tipis).
7. 100 gr rebung (iris dan potong kecil memanjang membentuk korek api).
8. 100 gr lobak (iris dan potong kecil memanjang membentuk korek api).
9. ½ sdt garam.
10. ½ sdt gula.
11. ½ sdt merica bubuk.
12. 2 sdm margarin (untuk menumis).

Bahan untuk membuat saus lumpia :

1. 2 siung bawang putih (haluskan).
2. 50 gr gula merah (sisir halus).
3. 10 gr gula pasir.
4. ¼ sdt merica bubuk.
5. 1 sdm kecap manis.
6. 3 sdm tepung sagu (larutkan bersama 1 sdm air matang sebagai pengental).
7. 300 ml air matang.

Cara membuat :
  1. Masak terlebih dahulu untuk isian lumpia. Pertama panaskan margarin kemudian tumis bawang putih, bawang merah, daging ayam, udang dan ebi. Kemudian tumis bahan-bahan tersebut hingga warna mulai berubah dan harum, jika telah harum lalu angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya siapkan kembali wajan lalu panaskan minyak goreng. Goreng telur lalu diorat-arit, kemudian tambahkan pula rebung dan lobak kedalam telur, lalu masak kembali hingga rebung dan lobak terlihat layu. 
  3. Setelah itu, tambahkan pula garam, gula dan merica bubuk kedalam telur yang diorat-arit bersama rebung dan lobak tadi lalu aduk hingga merata. Setelah telur matang kemudian tiriskan.
  4. Selanjutnya, siapkan kulit lumpia lalu taruh isian lumpia diatasnya. Gulung kulit lumpia seperti membuat kroket lalu rekatkan menggunakan kocokan telur. Isi semua kulit lumpia dengan isiannya.
  5. Terakhir, siapkan minyak goreng panas kemudian goreng lumpia hingga lumpia matang berwarna kecoklatan. Setelah lumpia matang lalu angkat dan tiriskan lumpia.
Cara membuat saus lumpia :
  1. Untuk membuat saus lumpia, pertama rebus air terlebih dahulu hingga mendidih, kemudian masukkan bawang putih, gula merah, gula pasir, dan merica bubuk lalu aduk merata.
  2. Masukkan tepung sagu agar saus mengental, masak hingga mendidih lalu tambahkan kecap. Aduk merata hingga mendidih. Tiriskan.
  3. Sajikan lumpia bersama sausnya.
Lumpia goreng enak dan gurih khas semarang siap disantap. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar