Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT LEMPER ENAK ISI ABON KHAS KALIMANTAN BARAT

Minggu, 09 Juni 2013 0 komentar
Lemper adalah salah satu jenis panganan khas dari daerah Kalimantan Barat. Lemper  merupakan salah satu panganan yang terbuat dari beras ketan yang biasanya mempunyai isian yaitu abon ayam atau abon sapi yang kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Banyak variasi yang dapat kita lakukan untuk membuat lemper, bisa menggunakan pelapis crepe (krep) yang terbuat dari adonan tepung yang diberi bumbu dan telur lalu digoreng, yang sering dikenal dengan semar mendem. Adapula sebagai pengganti ketan pada lemper yaitu nasi yang diberi isian potongan wortel, sering dikenal dengan arem-arem. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana resep dan cara membuat lemper isi abon enak.
 

Bahan :

1. ½ kg beras ketan.
2. ½ liter santan.
3. 1 sdt garam.
4. 2 lbr daun pandan (ikat simpul).
5. Daun pisang secukupnya (bersihkan, digunakan sebagai pembungkus).

Bahan isian lemper :  

1. Abon ayam atau abon sapi (sesuai selera).

Cara membuat :
  1. Pertama rebus santan terlebih dahulu kemudian tambahkan garam dan masukkan daun pandan, lalu masak santan hingga mendidih.
  2. Selanjutnya, kukus secara terpisah beras ketan hingga setengah matang kurang lebih sekitar 20 menit.
  3. Setelah itu masukkan santan yang dimasak tadi kedalam ketan lalu aduk merata, kemudian kukus lagi hingga ketan matang lalu dinginkan ketan.
  4. Ambil ketan yang sudah matang kira-kira 2 sdm lalu ulenin ketan membentuk bulatan kecil memanjang, kemudian beri lubang pada bagian tengah ketan lalu isi dengan abon secukupnya. Selanjutnya ratakan kembali ketan hingga abon tertutup dengan ketan.
  5. Kemudian bungkus ketan yang sudah diberi isian menggunakan daun pisang, lakukan hal yang sama untuk setiap adonan lemper. Setelah semua lemper telah terbungkus daun pisang, sajikan lemper diatas piring saji.
Lemper isi abon yang enak siap dimakan bersama keluarga maupun teman-teman. Lemper dapat dikreasikan isi dan bentuknya sesuai keinginan dengan tidak meninggalkan unsur ketannya. Selamat mencoba resep dan cara membuat lemper enak isi abon khas Kalimantan Barat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar