Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SEMUR JENGKOL ENAK DAN LEZAT KHAS BETAWI

Selasa, 25 Juni 2013 0 komentar


Semur merupakan salah satu masakan asli khas Indonesia. Semur yang mempunyai bahan utama seperti pala, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kecap manis serta bumbu-bumbu lainnya sehingga setelah dimasak memiliki bumbu berwarna coklat yang khas dengan rasa yang khas pula.
Semur jengkol merupakan masakan asli khas Betawi, Jakarta. Semur jengkol juga merupakan masakan yang sangat populer sehingga sudah menyebar keseluruh wilayah Indonesia. Dan yang paling penting dalam proses pembuatan semur jengkol yaitu ketepetan bumbu untuk menghasilkan rasa semur jengkol yang pas serta menyatu dengan bahan-bahan bumbu lainnya.
Adapun langkah-langkah serta cara membuat semur jengkol sebagai berikut :  

Bahan-bahan :

1. 1 kg jengkol (yang agak tua).
2. 1 btg serai (geprak dan memarkan).
3. 4 cm lengkuas (geprak dan memarkan).
4. 3 lbr daun salam.
5. 3 sdm minyak goreng (untuk menumis).
6. ½ ltr air matang.
7. Kurang lebih 5-6 sdm kecap manis.

Bahan bumbu yang dihaluskan :

1. 8 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. 5 btr kemiri (sangrai).
4. 5 bh cabai merah.
5. ½ sdt merica bubuk.
6. 1½ sdm pala bubuk.
7. 1 sdt garam.

Cara membuat :
  1. Pertama, kupas terlebih dahulu kulit jengkol lalu ambil isi dari jengkol tersebut. Selanjutnya rendam jengkol selama 1 hari agar jengkol tidak terlalu berbau. Setelah jengkol direndam, rebus jengkol hingga matang. Kemudian geprek dan pipihkan jengkol yang telah matang tadi lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya haluskan semua bumbu yang dihaluskan.
  3. Setelah itu siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi. Tambahkan pula serai, lengkuas dan daun salam lalu tumis bumbu hingga harum.
  4. Kemudian masukkan jengkol kedalam tumisan lalu aduk hingga merata. Tambahkan air matang secara perlahan dan tambahkan pula kecap manis kedalam tumisan jengkol, lalu aduk secara merata.
  5. Diamkan hingga air mengering dan bumbu benar-benar meresap kedalam jengkol.
  6. Setelah bumbu meresap kedalam jengkol dan airnya mengering, kemudian angkat semur jengkol. Sajikan semur jengkol diatas piring saji.  
Semur jengkol nikmat disantap bersama nasi putih hangat berserta lauk. Selamat mencoba resep dan cara membuat semur jengkol enak dan lezat khas Betawi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar