Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT NASI KUNING KOMPLIT DAN KOMPLIT KHAS NUSANTARA

Jumat, 14 Juni 2013 0 komentar
Nasi kuning merupakan satu dari sekian banyak masakan khas Indonesia. Nasi kuning ini dibuat dari bahan utamanya yaitu beras yang kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu rempah seperti kunyit serta santan agar rasa dari nasi kuning lebih gurih. Nasi kuning merupakan variasi dari nasi putih layaknya nasi uduk. Nasi kuning juga disajikan bersama dengan lauk pauk lainnya serti irisan telur dadar, tempe oseng, ayam goreng yang disuir, serta kerupuk dan sambal. Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah serta cara membuat nasi kuning komplit dan enak khas Indonesia.
 

Bahan-bahan :

1. 500 gr beras (cuci bersih, beri air lalu tiriskan).
2. 750 ml santan.
3. 1 ruas kunyit.
4. 1 btg serai (geprak dan memarkan).
5. 2 lbr daun pandan ukuran 20 cm (ikat simpul).
6. 2 lbr daun salam.
7. 1 sdt garam.

Bahan-bahan tambahan/pelengkap :

1. 2 telur dadar (iris tipis memanjang).
2. 2 Dada ayam goreng (disuwir).
3. Ongseng tempe.
4. 1 bh timun (iris tipis).
5. Bawang goreng (secukupnya).
6. Kerupuk/emping.

Cara membuat nasi kuning :
  1. Pertama parut kunyit hingga halus lalu beri sedikit air. Kemudian peras parutan kunyit tadi lalu ambil sari dari kunyitnya.
  2. Selanjutnya, masukkan perasan sari kunyit tadi kedalam beras yang sudah dicuci bersih dan diberi air. Kemudian kukus beras hingga setengah matang kurang lebih 15-20 menit.
  3. Selanjutnya rebus secara terpisah santan, serai, daun pandan, daun salam dan garam hingga mendidih.
  4. Setelah itu, masukkan beras sudah dikukus setengah matang tadi kedalam santan yang direbus. Kemudian masak kembali beras hingga benar-benar matang.
  5. Terakhir, setelah nasi uduk matang angkat lalu sajikan diatas piring saji. Kemudian beri bahan tambahan nasi kuning yang telah disiapkan sebagai pelengkap.
Nasi kuning khas Indonesia telah siap untuk disantap. Selamat mencoba rsep dan cara membuat nasi kuning komplit dan enak khas Indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar