Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT GURAME BAKAR ENAK DAN LEZAT KHAS BANDUNG PRIANGAN

Jumat, 31 Mei 2013 0 komentar

Gurame bakar merupakan salah satu masakan khas Bandung priangan lainnya. Jenis ikan gurame ini sangat disukai sebagai ikan konsumsi. Ikan gurame yang memiliki daging yang padat dan jika sudah dimasak memiliki rasa yang gurih dan enak. Diberbagai rumah makan ataupun restoran, ikan gurame ini dijadikan berbagai jenis masakan dan yang paling banyak dijadikan menu utama yaitu gurame bakar. Ikan gurame ini juga dihargai cukup mahal. Cara membuat gurame bakar enak khas bandung sangatlah mudah.

Bahan-bahan :


1. 1 ekor gurame (ukuran besar).
2. 1 bh jeruk nipis besar (potong 2 bagian).

Bumbu yang dihaluskan :

1. 10 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. 2 butir kemiri (sangrai).
4. 5 bh cabai merah.
5. 1 ruas kunyit (bakar).
6. 1 ruas jahe.
7. 1 sdt merica.
8. 1 sdm garam halus.
9. 1 sdm gula pasir.
10. ½ sdt kaldu ayam.
11. Kecap manis secukupnya (untuk olesan gurame).

Cara membuat :

  1. Pertama, bersihkan sisik ikan gurame dan buang isi perut ikan, kemudian cuci bersih ikan gurame lalu tiriskan. Selanjutnya lumuri ikan gurame dengan jeruk nipis lalu diamkan kurang lebih 15 – 20 menit agar jeruk meresap kedalam ikan gurame. Setelah dirasa telah meresap kemudian cuci kembali ikan gurame.
  2. Selanjutnya lumuri ikan secara merata dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu meresap kedalam ikan gurame.
  3. Setelah itu, siapkan bara api kemudian bakar ikan gurame diatasnya. Olesi ikan gurame dengan sisa bumbu tadi beserta kecap secara merata disetiap sisi ikan hingga ikan gurame matang.
  4. Terakhir, angkat lalu sajikan ikan gurame bakar diatas piring saji.

Gurame bakar enak dan gurih khas Bandung priangan siap disantap bersama keluarga anda. Sajikan gurame bakar dengan sambal dan lalapan serta nasi putih hangat. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar