Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT TEMPE BACEM GURIH, MANIS DAN ENAK KHAS YOGYA

Senin, 27 Mei 2013 1 komentar

Tempe merupakan panganan khas Indonesia yang merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dengan menggunakan ragi tempe. Tempe juga adalah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tempe saat ini sudah mulai dikenal diseluruh dunia. Banyak dari masyarakat dunia yang tidak mengkonsumsi daging sudah memakan tempe sebagai pengganti daging, sehingga tempe tidak hanya dibuat di Indonesia saja tetapi juga negara besar seperti Jepang, Amerika dan Jerman juga sudah mulai mengembangkan tempe.
Bebagai macam olahan tempe di Indonesia sangatlah beragam, mulai dari tempe goreng, tempe bacem hingga steak tempe yang sudah mulai dikenal hingga keluar negeri. Tempe bacem adalah masakan khas dari daerah Yogyakarta, Jawa Tengah. Bacem sendiri adalah suatu cara untuk mengolah serta mengawetkan makanan seperti tempe ini. 
 
Bahan-bahan :


1. 1 porsi tempe (yang biasanya digulung dengan daun pisang atau terbungkus plastik). Potong dan iris sesuai selera.
2. ½ liter air kelapa (untuk rasa yang lebih gurih).
3. 1 btg serai, geprak dan memarkan.
4. 1 ruas lengkuas, geprak dan memarkan.
5. ½ sdt asam jawa.
6. 2 lbr daun salam.

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :


1. 3 sdm gula merah.
2. 3 siung bawang putih.
3. 4 siung bawang merah.
4. 2 btr kemiri.
5. 1 sdt ketumbar.
6. 1 sdt garam.

Cara membuat :
 
  1. Pertama, siapkan wajan lalu tuangkan ½ liter air kelapa, kemudian masukkan bumbu-bumbu yang dihaluskan seperti serai, lengkuas, asam jawa, dan daun salam. Aduk-aduk  air kelapa hingga bumbu merata.
  2. Kemudian masukkan irisan tempe kemudian rebus hingga air kelapa menyusut dan bumbu-bumbu meresap kedalam tempe. Aduk perlahan hingga bumbu meresap kedalam tempe dengan merata.
  3. Selanjutnya, siapkan kuwali dan panaskan minyak goreng. Goreng tempe jangan sampai terlalu kering atau garing, kemudian angkat dan tiriskan tempe.
Terakhir, sajikan Tempe bacem diatas piring saji. Tempe bacem nikmat disantap bersama nasi putih hangat dan lauk lainnya. Selamat mencoba.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar:

tika mengatakan...

klo ga ada air kelapa di ganti air biasa bisa kan ?
makasih resepnya :D

Posting Komentar