Pages

RESEP NASI GORENG SPESIAL DAN ENAK KHAS INDONESIA

Senin, 15 April 2013 0 komentar

Nasi goreng merupakan masakan nasional Indonesia. Pada tahun 2011, CNN yaitu saluran berita kabel asal Amerika Serikat, mengadakan sebuah polling Internet dan menempatkan masakan Nasi goreng di peringkat ke-2 setelah Rendang di peringkat pertama dalam daftar “50 makanan Terlezat di Dunia”.
Nasi goreng yang memiliki bahan dasar berupa nasi yang digoreng dengan menggunakan sedikit minyak goreng atau margarin dan ditambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti kecap manis, saus, lada, irisan bawang merah, bawang putih dan cabai ini, tidak mengenal batasan sosial. Nasi goreng juga banyak dinikmati secara sederhana di gerobak-gerobak keliling, warung pinggir jalan, tapi juga populer di restoran-restoran Indonesia dan Asia.
Adapun cara untuk pembuatan nasi goreng ini sendiri yaitu :
 

Bahan :

1. 2 piring nasi putih (tidak disarankan menggunakan nasi pulen).
2. 1 butir telur ayam, kocok lepas.
3. Minyak goreng atau margarin secukupnya.

Bumbu-bumbu :


1. 1 siung bawang putih (iris tipis)
2. 3 siung bawang merah (iris tipis)
3. 3 buah cabai merah atau cabai rawit secukupnya (iris tipis)
4. 1 batang daun bawang (iris kecil)
5. Merica bubuk, garam dan penyedap rasa secukupnya.
6. 1,5 sdm kecap manis

Cara membuat :
  1. Pertama, panaskan minyak atau margarin, lalu masukkan bawang putih dan merah, cabai dan daun bawang, tumis bahan tersebut hingga harum.
  2. Selanjutnya masukkan kocokan telur kedalam tumisan tadi. (biasa juga ditambahkan udang, potongan sosis atau suwiran daging ayam sesuai selera). Aduk-aduk hingga tumisan harum dan merata.
  3. Kemudian masukkan nasi putih kedalam tumisan bumbu-bumbu tadi, lalu aduk hingga merata. Tambahkan pula merica bubuk, penyedap rasa, kecap manis dan garam. 
  4. Aduk kembali hingga nasi dan bumbu tercampur rata dan matang.
Sajikan nasi goreng di atas piring saji, kemudian bisa di tambahkan bawang goreng, irisan tomat dan mentimun serta kerupuk agar lebih lezat. Semoga resep nasi goreng spesial yang pastinya sangat mudah ini dapat dicoba dirumah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar