Pages

RESEP CARA MEMBUAT RENDANG ENAK DAN LEZAT KHAS PADANG

Rabu, 02 Januari 2013 0 komentar

Rendang merupakan jenis panganan tradisional yang bersantan dan sebagai bahan utamanya yaitu daging sapi, tetapi bisa juga menggunakan daging lembu untuk bahan utamanya. Rendang ini sendiri berasal dari daerah Sumatera Barat, khususnya daerah Minangkabau. Rendang telah ada sejak zaman dahulu dan sudah menjadi hidangan untuk acara adat atau panganan keseharian masyarakat dahulu. Sejak abad ke-16, Rendang telah tersebar luas ketika orang minang dahulu mulai merantau untuk berdagang dan berlayar hingga ke Malaka. Karena rendang tidak cepat basi atau busuk serta tahan disimpan berminggu-minggu, sehingga sangat cocok untuk menjadi bekal para perantau untuk melakukan perdagangan.
Kemudian masakan rendang ini menyebar dan berkembang sampai kawasan melayu lainnya dari Riau, Jambi, Mandailing dan sampai menuju negeri seberang Malaysia seperti Negeri Sembilan yang banyak perantau yang berasal dari minang. Maka dari itulah Rendang sudah sangat dikenal baik dari daerah sumatra hingga Malaysia.

Berikut ini Resep Rendang dan panduan bagaimana cara membuatnya :
bahan-bahan dan bumbu-bumbu :
  1. 1 ½ kilogram daging sapi pilihan
  2. 12 gelas santan kelapa dari 3 butir kelapa
  3. 2 biji asam kandis
  4. 1 batang serai, yang digprek
  5. 1 lbr daun kunyit
  6. 2 lbr daun jeruk purut
  7. Lalu garam secukupnya
Kemudian :
  1. 2 cm jahe
  2. 3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)
  3. 6 siung bawang putih
  4. 1 ons cabai merah
  5. 5 buah kemiri
  6. 15 buah bawang merah
Cara membuatnya :
  1. Pertama haluskan 1 ons cabe merah, 15 buah bawang merah, 6 siung bawang putih, 5 buah kemiri, 2 cm jahe, 3 cm laos (untuk laos tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja.
  2. Selanjutya, potong daging sapi yang sudah disiapkan sebesar 5x5cm atau sesuai selera.
  3. Siapkan wajan, kemudian rebus santan berserta bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan kemudian tambahkan 1 lembar daun kunyit, 2 lembar daun jeruk purut, 1 batang serai yang telah digeprek tadi, dan biji asam kandis yang telah disiapkan.
  4. Kemudian aduk rebusan santan tadi hingga mengental, supaya santannya tidak terpecah dan santan mengeluarkan minyak.
  5. Setelah santan mengeluarkan minyak, masukkan potongan-potongan daging yang sudah disiapkan kedalam wajan yang berisi santan.
  6. Kemudian aduk terus perlahan potongan-potongan daging dengan api sedang agar rendang tidak gosong masak merata.
Sedikit tambahan untuk Resep Rendang agar terasa lebih gurih dan enak,
  • Untuk 1 kilogram daging, kelapanya cukup 3 butir lalu dibuat santan kental, untuk 1,5 kilogram daging 5 butir kelapa sudah cukup.
  • Kemudian tmbahkan 3 lembar daun salam, untuk serai ditambah 2 batang, dan daun jeruk ditambah 4 lembar.
  • Tambahkan 2 sendok makan kelapa parut yang disangrai yang telag digiling halus hingga mengeluarkan minyak.
  • Tambahkan sedikit gula, bila anda suka.
  • Jika ingin rasanya lebih terasa bumbunya, untuk bawang merah dan putihnya, dan cabe boleh ditambah secukupnya.
  • Agar bumbu lebih meresap, sebaiknya daging diungkep terlebih dahulu bersama semua bumbu dan dedaunan tadi, dan bila air pada daging mengering barulah santan dimasukkan, lalu diaduk terus hingga mendidih. Kemudian kecilkan api dan masak sampai berminyak dan terlihat hitam. Sesekali diaduk agar tidak lengket di wajan dan daging masak merata.
  • Beri sedikit asam kandis. Rasa yang diberikan asam kandis tidak menjadi asam sama sekali. Asam kandis juga dapat berfungsi sebagai pengawet alami.
  • Agar rendang bisa terlihat hitam, intinya jangan memakai kunyit pada masakan ini.
  • Agar dedak dari santan tadi banyak, santannya juga harus banyak. Saat memeras santan, perasan parutan kelapa pertama sebaiknya jangan ditambah air telebih dahulu. Peras lah kelapa dengan menggunakan kain khusus, agar sari pati kelapa keluar.
Resep rendang daging Padang khas lainnya, takaran utamanya :
1 kilogram daging, bisa menggunakan 4 butir kelapa, agar tidak terlalu pedas cukup 1 ons cabe giling saja. Potong-potong daging dengan ukuran yang tidak terlalu kecil agar daging tidak hancur sewaktu dimasak.
Jika jenis daging yang dimiliki cepat empuk, jangan cepat dimasukkan, cukup di aduk-aduk bersama bumbu supaya meresap lebih dahulu. Kemudian diamkan ±1/2 jam, dan kemudian masukkan potongan daging setelah santan mengeluarkan minyak.


Rendang biasa disajikan sebagai lauk yang dihidangkan bersama nasi, ketupat, dan juga lontong. Rendang juga biasanya disajikan sebagai hidangan pada hari-hari raya serti Idul Fitri dan Idul Adha, atau acara-acara adat. Sedikit tips Resep rendang enak yang bisa dibagikan, semoga hasil yang dimasak lebih enak.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Poskan Komentar