Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT GURAME ASAM MANIS ENAK DAN LEZAT

Senin, 10 Maret 2014 0 komentar

Gurame Asam Manis - Assalamualaikum wr wb, selamat pagi kepada ibu-ibu dirumah serta para pembaca yang senantiasa selalu membuka dan membaca blog mengenai resep masakan ini. Semoga dihari yang cerah ini kita masih terus dan tetap diberikan oleh Allah SWT nikmat sehat lahir dan bathin agar kita dapat memasak sajian yang enak dan lezat untuk dapat dihidangkan kepada kerabat serta keluarga dirumah. Hari ini penulis ingin coba membahas suatu masakan lauk pauk yang resepnya sudah dikreasikan sehingga menjadi masakan sedap dimana resep kita kali ini yaitu gurame asam manis. Gurame asam manis adalah jenis masakan yang dihidangkan sebagai lauk yang diolah dari ikan gurame segar yang dimasak dengan bahan dan bumbu-bumbu yang nantinya akan penulis beri tahu apa saja yang dipakai. Dalam proses pengolahannya pun penulis dapat katakan simple dan sederhana untuk diikuti, adapun jika pembaca ingin mengetahui bahan apa saja yang dipakai serta proses pembuatannya secara lengkap antara lain sebagai berikut.
Bahan :
  1. 2 ekor ikan gurame segar ukuran sedang (siangi dan cuci bersih).
  2. Tepung maizena secukupnya.
  3. 4 siung bawang merah (iris-iris tipis).
  4. 4 aiung bawang putih (iris-iris tipis).
  5. 4 buah cabai merah (iris-iris tipis).
  6. 3 buah tomat.
  7. 1 batang serai (memarkan).
  8. 1 ruas lengkuas ukuran 3 cm.
  9. 1 ruas jahe ukuran 3 cm (memarkan).
  10. 1 lembar daun jeruk purut (sobek agar aromanya keluar).
  11. 2 lembar daun salam.
  12. air perasan jeruk nipis.
  13. Garam kasar secukupnya.
  14. Gula pasir secukupnya.
  15. Kecap Inggris secukupnya.
  16. Air matang secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula lumuri ikan gurame dengan air perasan jeruk nipis serta beri garam secukupnya lalu endapkan kira-kira selama 10 menit di dalam lemari es.
  • Sambil menunggu ikan diendapkan, rebus tomat dengan sedikit air secukupnya hingga tomat merekah. Setelah itu angkat dan buang kulit tomat haluskan dengan menggunakan sendok hingga menjadi seperti saus.
  • Jika sudah diendapkan, keluarkan gurame tadi dari dalam kulkas kemudian goreng hingga matang.
  • Cairkan tepung maizena dengan menggunakan air matang secukupnya.
  • Selanjutnya tumis bumbu seperti bawang merah dan putih, cabai hingga harum lalu masukkan tomat halus tadi kedalam tumisan bersama dengan gurame goreng dan air secukupnya.
  • Tambahkan pula serai, lengkuas, jahe daun jeruk, daun salam dan larutan tepung maizena lalu aduk higga rata.
  • Jangan lupa tambahkan pula kecap inggris, garam dan gula sambil dicicip apakah rasa bumbunya sudah sesuai dengan selera. Masak hingga bumbu mengental dan matang.
  • Terakhir, sajikan gurame asam manis diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara membuat gurame asam manis enak dan lezat yang penulis bahas kali ini. Semoga resep kali ini bermanfaat untuk ibu-ibu serta para pembaca dirumah agar dapat menyajikan masakan yang lezat untuk keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT GURAME ASAM MANIS ENAK DAN LEZAT

Gurame asam manis adalah jenis masakan yang dihidangkan sebagai lauk yang diolah dari ikan gurame segar yang dimasak dengan bahan dan bumbu-bumbu yang nantinya akan penulis beri tahu apa saja yang dipakai. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar