Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT SOTO KEMIRI ENAK DAN LEZAT KHAS PATI

Senin, 14 Oktober 2013 0 komentar

Soto kemiri merupakan makanan khas dari daerah Pati. Penduduk Pati sendiri sering kali memakan makanan enak ini diwaktu siang hari ketika warga sedang melakukan aktivitas istirahat sehabis bercocok tanam di ladang mereka.
Pada zaman dahulu dimana penduduk daerah Pati kebanyakan merupakan warga yang kurang mampu maka mereka tidak sanggup membeli bahan pokok berupa daging sapi ataupun daging ayam, sehingga masyarakat Pati membuat suatu olahan soto dengan menggunakan kemiri sebagai bahan untuk menggantikan daging sapi atau daging ayam. Akan tetapi pada zaman sekarang ini masyarakat sudah sanggup untuk membeli daging ayam atau daging sapi sehingga soto kemiri pun ditambahkan daging ayam atau daging sapi kedalamnya, Walaupun telah menggunakan daging ayam masih saja penamaan "soto kemiri" tersebut tetap melekat di hati masyarakat Pati.

Bahan-bahan :

  1. 1 ekor daging ayam (potong-potong sesuai selera).
  2. 1,5 liter air bersih.
  3. 150 gram taoge (bersihkan kemudian rendam dengan menggunakan air hangat).
  4. 2 batang daun seledri (iris-iris tipis).
  5. 2 lembar daun salam.
  6. Bawang goreng (secukupnya).
Bumbu yang dihaluskan :
  1. 4 siung bawang merah.
  2. 2 siung bawang putih.
  3. 3 butir buah kemiri.
  4. 1 ruas kunyit kira-kira 2 cm.
  5. 1 ruas kencur kira-kira 2 cm.
  6. 1 ruas lengkuas kira-kira 2 cm.
  7. 1 ruas jahe kira-kira 2 cm.
  8. 1/4 sdm jinten.
  9. 3/4 sdm garam halus.
  10. (haluskan semua bahan-bahan bumbu diatas).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula rebus ayam dengan menggunakan 1,5 liter air serta tambahkan pula daun salam kedalamnya, lalu rebus hingga daging ayam empuk dan matang.
  • Setelah rebusan daging ayam tadi berkaldu lalu tambhkan bbumbu yang telah dihaluskan tadi sembari diaduk sampai semua bumbu tercampur rata dan meresap kedalam daging ayam. Selanjutnya angkat dan tiriskan.
  • Terakhir, tuangkan soto kedalam sebuah mangkok saji dan tambahkan pula taoge serta bawang goreng diatasnya. Beripula irisan daun bawang dan daun seledri diatasnya.
Selamat mencoba resep dan cara membuat soto kemiri enak dan lezat khas Pati ini, semoga resep masakan yang enak ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu dirumah sekalian dalam memberikan hidangan yang enak untuk suami dan anak-anak tercinta dirumah. Terima kasih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar