Pages

RESEP DAN CARA MEMBUAT OPOR AYAM ENAK DAN LEZAT KHAS JATENG DAN JATIM

Senin, 10 Juni 2013 0 komentar

Salah satu masakan khas yang sangat terkenal di Indonesia adalah Opor ayam. Masakan opor ayam berasal dari Jawa, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Opor ayam juga sudah menyebar diseluruh Indonesia. Opor ayam pada dasarnya memiliki bahan dasar ayam potong yang direbus dengan santan kental dan ditambah bumbu rempah lainnya. Biasanya opor ayam sering sekali disajikan bersama potongan ketupat pada Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah serta cara membuat opor ayam yang enak dan lezat. 
 
Bahan-bahan :


1. 500 gr daging ayam (bersihkan, kemudian potong sesuai selera).
2. 150 ml santan kental.
3. 150 ml air masak.
4. 1 btg serei (geprak dan memarkan).
5. 2 lbr daun slam.
6. 1 sdt garam.
7. ½ sdt gula.
8. 3 sdm minyak goreng (untuk menumis).
9. Bawang goreng (secukupnya).

Bahan bumbu yang dihaluskan :


1. 3 siung bawang putih.
2. 3 siung bawang merah.
3. 5 butir kemiri (sangrai).
4. 1 sdt merica.
5. ½ sdt jintan.
6. ½ sdt pala.
7. 3 cm kunyit.
8. 3 cm jahe.

Cara membuat opor ayam :
  1. Pertama-tama haluskan semua bahan bumbu opor ayam yang dihaluskan. Selanjutnya, panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi beri santan dan air kemudian aduk merata. Tambahkan pula serai, daun salam, gula dan garam kedalam santan opor ayam.
  2. Selanjutnya masukkan potongan ayam kedalam santan, lalu masak dan diamkan dengan menggunakan api sedang hingga ayam matang dan empuk serta santan meresap kedalam potongan ayam.
  3. Terakhir, angkat lalu sajikan opor ayam diatas piring saji. kemudian tambahkan pula taburan bawang goreng diatas opor ayam.

Opor ayam nikmat dimakan bersama potongan ketupat atau nasi putih hangat. Selamat mencoba resep dan cara membuat Opor ayam enak dan lezat khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar